DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KEPALA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN PASAR TARJUN RAYA DI DESA TARJUN KECAMATAN KELUMPANG HILIR KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:MULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Mulianti. 1910413120006. Kinerja Kepala Desa terhadap pembangunan Pasar Tarjun Raya di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru. Dibimbing oleh Saifudin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Kepala Desa terhadap pembangunan Pasar Tarjun Raya di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator kinerja menurut T.R Mitchell, yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala Desa terhadap pembangunan Pasar Tarjun Raya di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru kurang baik, hal ini dilihat dari indikator kualitas kerja Kepala Desa Tarjun dalam pembangunan pasar Tarjun Raya yang lebih modern daripada pasar sebelumnya dan pengetahuan yang dimiliki terkait perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pasar sudah memadai. ketepatan waktu dapat dikatakan dalam pembangunan Pasar Tarjun Raya tidak sesuai dengan target waktu yang direncanakan dikarenakan ada kekurangan dalam pendanaan pembangunan pasar. Inisiatif Kepala Desa Tarjun terhadap tugas dan tanggungjawabnya pada perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Pasar Tarjun Raya yang sangat baik dilihat dari keaktifan Kepala Desa Tarjun dalam membantu dan megawasi setiap proses pengerjaan pembangunan. kemampuan yang dimiliki Kepala Desa Tarjun baik dilihat dari pendidikan yang dimiliki sudah sesuai dengan jabatan yang dimiliki dan pelatihan yang diikuti. komunikasi yang dilakukan Kepala Desa Tarjun dalam pembangunan Pasar Tarjun Raya baik, dilihat dari adanya koordinasi yang selalu dilakukan kepada Masyarakat, Pedagang dan pihak lainnya dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangun Pasar Tarjun Raya.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dengan menggunakan teori T.R Mitchell dari lima indikator yaitu Kualitas Kerja, Ketepatan Waktu, Inisiatif, Kemampuan, dan Komunikasi belum terpenuhi secara keseluruhan.

 

Kata Kunci : Kualitas Kerja, Ketepatan Waktu, Inisiatif, Kemampuan, Komunikas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI