DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL KELAS XI IPS DI SMAN 1 ALUH ALUH
PENGARANG:DIANA MASTAYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Diana Mastayana, 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 ALUH ALUH. Skripsi, Program StudiPendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, UniversitasLambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmatullah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Ananda Setiawan, M.Pd.)

 

Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang memberikan ruang kepada siswa untuk berperan secara langsung dalam pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah sehingga siswa dapat mengemukakan pemikirannya. Penelitan ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi kerja sama ekonomi internasional kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Aluh Aluh. (2) Membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada materi kerja sama ekonomi internasional kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Aluh Aluh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian ekperimen semu atau quasi eksperimen. Desain penelitian dilakukan dengan menggunakan Nonequivalent control group design, yaitu melakukan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Aluh Aluh dengan jumlah 52 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar. Data dikumpulkan dengan melakukan Prestest dan Posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menujukkan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai  13,629 >  2, 06866. Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori, yang ditunjukkan dengan nilai bahwa Sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI