DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PMS (PROJECT BASED LEARNING, MAKE A MATCH DAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUAL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN ALALAK SELATAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ISNA MUKARRAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Mukarramah, Isna. 2023. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PMS (Project Based Learning, Make a Match dan Somatic Auditory Visual Intelectual) pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suhaimi, S, Pd., M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, IPA, Project Based Learning, Somatic, Audiotory, Visual, and Intelectual, dan Make a Match.

            Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya fokus siswa dalam kegiatan pembelajaran, pembelajaran yang membosankan dan kurangmenyenangkan, hasil belajar siswa yang rendah. Solusinya yaitu dengan menggunakan model PMS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model PMS (Project Based Learning, Make a Match dan Somatic Auditory Visual Intelectual) pada siswa kelas V SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin.

            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam 2 Siklus, pada setiap siklus ada 2 kali pertemuan di kelas V SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif serta digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai dengan rencana dari skor 25 dengan kriteria “baik” meningkat menjadi skor 36 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada Siklus 1 pertemuan 1 memperoleh 31% kriteria “cukup aktif” meningkat pada Siklus 2 pertemuan 2 menjadi 100% kriteria “sangat aktif”. Begitu juga hasil belajar siswa pada Siklus 1 pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 72%, siswa yang tuntas meningkat menjadi 100% pada Siklus 2 pertemuan 2.

            Berdasarkan hasil temuan ini, maka model PMS (Project Based Learning, Make a Match dan Somatic Auditory Visual Intelectual) dapat meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu motivasi maupun alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPA di Sekolah dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI