DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROLOG KELAS IV SDN ANTAR BARU 1 MARABAHAN
PENGARANG:FITRI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Handayani, Fitri (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Melalui Model PROLOG Kelas IV SDN Antar Baru 1 Marabahan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari M. Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar Siswa, PROLOG

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang kurang memicu keaktifan siswa, pembelajaran yang kurang memicu siswa untuk terampil berbicara, dan pembelajaran yang kurang menyenangkan dan minim menggunakan model yang bervariatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru untuk menganalisis peningkatan keterampilan berbicara siswa pada muatan Bahasa Indonesia pada Bab 7 Asal-Usul dengan menggunakan model PROLOG (Problem Based Learning, Role Playing, dan Talking Stick).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Antar Baru 1 yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara siswa. Kemudian data kuantitatif untuk hasil belajar yang diperoleh dari tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh nilai 100 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria “Seluruh Siswa Aktif”.  Keterampilan berbicara siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria “Seluruh Siswa Terampil”. Hasil belajar siswa meningkat mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan penggunakan model PROLOG (Problem Based Learning, Role Playing, dan Talking Stick) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Antar Baru 1. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain bahwa ini  bisa dijadikan salah satu alternatif dan memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI