DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI DAN FUNGSI RUMAH ADAT BANJAR GAJAH MANYUSU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ABDUL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Abdul Rahman, 2021. Nilai dan Fungsi Rumah Adat Banjar Gajah Manyusu sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA II:  Drs. Heru Puji Winarso, M.Si.

 

Rumah Adat Banjar Gajah Manyusu memiliki bentuk dan ciri yang berbeda dengan rumah adat lainnya. Rumah Adat Gajah Manyusu menggunakan ornament yang khas yang terkandung fungsi dan nilai didalamnya, sebagai produk budaya berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar IPS agar peserta didik lebih mengenal Rumah Adat Banjar Gajah Manyusu yang merupakan satu diantara peninggalan artefak budaya masyarakat Banjar. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui gambaran bangunan Rumah Gajah Manyusu, fungsi masing-masing bagian ruangan dan nilai dari Rumah Gajah Manyusu sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif digunakan pada penelitian ini, dengan informa budayawan Banjar. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian atau dapat dikonfirmasi.

Hasil penelitiannya, yaitu: 1) Rumah Gajah Manyusu merupakan rumah adat masyarakat Banjar yang mempunyai ciri khas pada bangunannya terdiri dari kontruksi induk memakai atap gajah hidung bapicik. 2) Ruangan Rumah Adat Banjar Gajah Manyusu terdiri dari surambi sambutan, palatar, penampik besar atau ambil sayup, penampik dalam atau palidangan , anjung kiwa dan anjung kanan, dan padapuran/padu. Ornamen terdiri dari simbol keluarga pengembara, simbol kesejahteraan, simbol bumi dan tali-talian. 3) Fungsi dan nilai yang menjadi sumber belajar IPS adalah nilai kebenaran pada fungsi bangunan dan kontruksinya, nilai estetika pada ornamen yang di susun dengan indah, nilai moral masyarakat yang saling bekerja sama dan nilai agama yang diwajibkan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI