DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROGRES PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN SEMANGAT DALAM 5 BARITO KUALA
PENGARANG:FITRI MARIFATUN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Ma’rifatun, Fitri. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas dan Hasil Belajar 

Peserta Didik Menggunakan Model PROGRES pada Muatan IPS Kelas 

VB SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala. Skripsi PGSD, FKIP ULM 

Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kreativitas Belajar, Model PROGRES

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kreativitas 

peserta didik dalam muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang menyebabkan 

belum maksimalnya hasil belajar. Hal ini disebabkan belum ada variasi model 

yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran, peserta didik belum maksimal

menggunakan kreativitasnya dalam menggali informasi hingga pembelajaran 

masih berpusat pada pendidik (Teacher Center). Upaya untuk mengatasi 

permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PROGRES yang 

merupakan kombinasi dari model PBL, GI dan Snowball Throwing Dalam

pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, 

menganalisis peningkatan aktivitas dan kreativitas peserta didik. 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang 

dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta 

didik kelas VB SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala, dengan jumlah 20 orang 

terdiri dari 9 pesrta didik prempuan dan 11 peserta didik laki-laki yang nantinya 

akan dibagi kedalam 4 kelompok. Penelitian dilakukan pada semester II tahun 

ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang 

diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik, 

aktivitas peserta didik dan kreativitas peserta didik, kemudian menggunakan data 

kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis 

secara berkelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan 

teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi 

dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 

I memperoleh skor 22 dengan kriteria “baik”, meningkat disetiap pertemuan

hingga pada pertemuan terakhir mencapai skor 27 dengan kriteria “Sangat Baik”. 

Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai 25% dengan kriteria “Kurang 

Aktif” meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai 

85% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Kreativitas peserta didik pada pertemuan I 

mencapai 30% dengan kriteria “Kurang Kreatif” meningkat disetiap pertemuan 

hingga pada pertemuan terakhir mencapai 85% dengan kriteria “Sangat Kreatif”.

Hasil belajar peserta didik klasikal pertemuan I mencapai ketuntasan 30% dan 

meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan 

model PROGRES dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik. 

Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini 

dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat 

meningkatkan aktivitas, kreativitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI