DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA 8 MENGHUBUNGKAN GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, THINK PAIR SHARE DAN TIME TOKEN PADA KELAS IVA SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ABDUL HALIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Halim, Abdul. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 8 Menghubungkan Gaya Dan Gerak Menggunakan Model Problem Based Learning, Think Pair Share Dan Time Token Pada Kelas IVA SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based lerning, Think Pair Share dan Time Token.

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin yang disebabkan karena banyak siswa yang tidak memahami muatan IPA, kurangnya tinkat kepedulian siswa dikelas, pembelajaran yang dilakukan hanya satu arah sehingga pembelajaran yang didapat siswa tidaklah bermakna. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui gabungan 3 model yaitu model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Time Token. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan untuk menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran pada muatan IPA tema 8 mengubungkan gaya dan gerak menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Time Token pada kelas IVA SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin pada siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 20 orang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada muatan IPA menghubungkan gaya dan gerak. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share Dan Time Token pada pertemuan III menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 93,75 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 100 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif mencapai 100, afektif mencapai pada aspek kerja sama 100%, pada aspek peduli 85%, pada aspek tanggung jawab 95% dan psikomotorik mencapai 90%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi Problem Based Learning, Think Pair Share Dan Time Token dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPA. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share Dan Time Token dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI