DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL COMBO DI KELAS IVB SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVIA WAHDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Wahdah, Novia.2023.Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis danHasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Model Combo di Kelas IVB SDNTeluk Tiram 1 Banjarmasin.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung MangkuratBanjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Combo.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh siswa tidak terlibat langsung saat pembelajaran, keterampilan berpikir kritis siswa yang masih kurang sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Combo yaitu kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Team Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan data hasil belajar siswa yang didapat melalui testertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 75% berkriteria “Baik” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 98% berkriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 65% berkriteria “Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 96% berkriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 mencapai 61% berkriteria “Cukup Terampil” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96%. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 65% meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 96%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Combo dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI