DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMENANG PADA SISWA KELAS V SDI AL-MUNAWWARAH BANJARMASIN
PENGARANG:TITI ARYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


Aryani, Titi (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model PEMENANG Pada Siswa Kelas V SDI Al-Munawwarah Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Raihanah Sari, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, PEMENANG

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PEMENANG dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas V SDI Al-Munawwarah Banjarmasin dengan siswa 15 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu, aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis dan secara kuantitatif yaitu hasil belajar. Data dianalisis dengan teknik deskriptif menggunakan kurs tabel, diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada setiap indikator keberhasilan aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis serta tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 20 kriteria “Baik” meningkat pada pertemuan III memperoleh skor 28 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 47% kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan III mencapai 93% kriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan Berpikir Kritis pada pertemuan I mencapai 40% kriteria “Kurang Kritis” meningkat pada pertemuan III menjadi 87% kriteria “Sangat Kritis”. Hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 55% meningkat pada pertemuan III dengan ketuntasan klasikal 93%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PEMENANG ini dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, siswa dan peneliti lain adalah adalah agar penelitian ini dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI