DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA, MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROMBLEM BASED LEARNING, DISCOVERY LEARNING DAN TALKING STICK, PADA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMAD SAFWAN HADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


Permasalahan penelitian adalahsiswa kesulitan memhami konsep yang dipelajari, siswa kurang mampu dalam berpikir kritis, siswa cenderung pasif dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran yang monoton.Salahsatuupayameningkatkan motivasi dan aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi Model Problem Based Learning, Discovery Learning dan Talking Stick.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiaktivitasguru, aktivitassiswa, meninkatkan berpikir kritis dan motivasi belajarsiswa.

 

PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK),yangdilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VSDNSungai Miai 8KecamatanBanjarmasinTengahKotaBanjarmasintahunpelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 17. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta datakuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.Analisisdata yang digunakan kualitatif dan kuantitatif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampaiIVmeningkatdari21hingga30.AktivitassiswapadapertemuanIsampaiIVmeningkatdari 23% hingga 88%. Berpikir Kritis siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 29% hingga 88%, Motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari41%hingga 94%.

 

 Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan kombinasi Model Problem Based Learning, Discovery Learning dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, berpikir kritis, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkat berpikir kritis dan motivasi belajar siswa serta aktivitas siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI