DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, KECAKAPAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BARITO DI KELAS V SDN 3 LANDASAN ULIN BARAT
PENGARANG:NIKEN LARASATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif dan kecakapan kerjasama yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang bersifat abstrak, bersifat satu arah, mengabaikan proses sainsIPA dan sistem belajar yang individual. Akibatnya siswa kurang memahami materi, mendapat nilai dibawah KKM, kompetensi dasar tidak tercapai, menghambat kemampuan pemecahan masalah, kemampuan kolaborasi dan komunikasi. Upaya pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran BARITO (Problem Based Learning, Team Assisted Individualization dan Course Review Horay). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif, kecakapan kerjasama dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Landasan Ulin Barat yang berjumlah 27 orang siswa pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel yang selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, keterampilan berpikir kreatif, kecakapan kerjasama serta ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana sesuai langkah model pembelajaran dengan kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 100%. Aktivitas siswa meningkat hingga mencapai 89% secara klasikal dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Aktif dan Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kreatif meningkat hingga mencapai 85% secara klasikal dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Terampil dan Sangat Terampil”. Kecakapan kerjasama meningkat hingga mencapai 93% secara klasikal dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Cakap dan Sangat Cakap”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat secara klasikal dengan mencapai kriteria “Hampir Seluruh Siswa Tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model BARITO dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif, kecakapan kerjasama dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif, kecakapan kerjasama dan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI