DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DRTA), DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDN MAWAR 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SHEILA AYU PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


ABSTRAK Pratiwi, Sheila Ayu. 2023. Peningkatan Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), dan Talking Stick di Kelas IV SDN MAWAR 2 BANJARMASIN. Tesis Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tutor Dessy Dwitalia Sari, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Berpikir-Membaca Terarah, Tongkat Bicara Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi bahasa Indonesia. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi muatan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca pemahaman, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk memperoleh hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor 24 dengan kriteria sangat baik, keaktifan siswa mencapai 100% dengan semua kriteria aktif, keterampilan membaca pemahaman mencapai 100% dengan semua kriteria terampil, ketuntasan belajar siswa mencapai 98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa. siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti, hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran kombinasi khususnya pada muatan bahasa Indonesia. ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa. siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti, hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran kombinasi khususnya pada muatan bahasa Indonesia. ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa. siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti, hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran kombinasi khususnya pada muatan bahasa Indonesia. keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti, hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran kombinasi khususnya pada muatan bahasa Indonesia. keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti, hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran kombinasi khususnya pada muatan bahasa Indonesia. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI