DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MIND MAPPING DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) KELAS IV SDN TELUK DALAM 12 BANJARMASIN
PENGARANG:MASYITAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-12


Masyitah. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Model Mind Mapping dan Number Head Together (NHT) Kelas IV SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suhaimi, M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang ditemui dalam pembelajaran IPA yaitu pembelajaran yang kurang menarik, serta metode dan kebiasaan lama yang kurangnya partisipasi siswa. . Solusinya yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) Model Mind Mapping Dan Number Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) Model Mind Mapping Dan Number Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin.

          Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif serta digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai dengan rencana dari skor 16 dengan kriteria “baik” meningkat menjadi skor 30 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 33% kriteria “cukup aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% kriteria “sangat aktif”. Begitu juga hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 58% siswa yang tuntas meningkat menjadi 92% siswa yang tuntas pada pertemuan 4.

           Berdasarkan hasil temuan ini, maka kombinasi model Problem Based Learning (PBL) Model Mind Mapping Dan Number Head Together (NHT)/dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPA di Sekolah dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI