DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAHIMAT DI KELAS IV SDN MAWAR 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SINTYA RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-12


Rahmawati, Sintya 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Muatan Matematika Siswa Menggunakan Model BAHIMAT Di Kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, model BAHIMAT

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan  hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Yang disebabkan pembelajaran abstrak serta bersifat satu arah, siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal matematika yang bersifat kontekstual, dan pembelajaran tidak bermakna. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan model BAHIMAT.

 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan aktivitas siswa skor ≥34 dan keterampilan berpikir kritis skor ≥13 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat skor 33, pertemuan 2 mendapat skor 36, dan pertemuan 3 mendapat skor 40. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh presentase 46%, pertemuan 2 memperoleh presentase 78%, dan pertemuan 3 memperoleh presentase 96%. Keterampilan berpikir kritis siswa pertemuan 1 memperoleh presentase 54%, pertemuan 2 memperoleh presentase 79%, dan pertemuan 3 memperoleh presentase 89%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 79%, pertemuan 2 mencapai 93%, dan pertemuan 3 mencapai 100%.

           Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran BAHIMAT dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru sebagai alternatif, bagi kepala sekolah sebagai pembinaan, dan bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah siswa, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI