DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS MEDIA POWERPOINT CANVA PADA MUATAN IPS DI KELAS V UPTD SDN PANGGUNG BARU TANAH LAUT
PENGARANG:PUTRI PUSPITA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-12


ABSTRAK

Dewi, Putri Puspita. 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Powerpoint Canva pada Muatan IPS di Kelas V UPTD SDN Panggung Baru Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Radiansyah., M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Problem Based Learning, Pendekatan TPACK, Media Powerpoint.

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini disebabkan karena proses pembelajaran masih bersifat satu arah sehingga peserta didik di dalam mengikuti proses pembelajaran cepat bosan yang mengakibatkan siswa susah mngingat dan memahami pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada kurangnya keterlibatan siswa secara langsung sehingga interaksi antar siswa juga kurang dan cenderung pasif, sehingga siswa kurang mampu dalam mengasah keterampilan berpikir kritisnya dan berdampak pada hasil belajar siswa rendah.. Untuk mengatasi permasalahan dengan Model Problem Based Learning, dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Powerpoint Canva. Penelitian bertujuan mengetahui aktivitas pendidik dan peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V UPTD SDN Panggung Baru tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 34 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan1 sampai 3 meningkat dari 26 hingga 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 62% hingga 94% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 59% hingga 85%. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar peserta didik pertemuan 1 sampai 3 dari 68% hingga 94%.

Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita menggunakan model pembelajaran problem based learning dan pendekatan TPACK berbasis media powerpoint canva di UPTD SDN Panggung Baru meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, siswa dapat memperbaiki gaya belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan pendidik dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI