DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS, KEMANDIRIAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SOPRAN DAN PERMAINAN KARTU PINTAR MUATAN IPA DI SDN 1 SYAMSUDIN NOOR
PENGARANG:MAULIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-13


Maulidah. 2023. Meningkatkan Berpikir Kritis, Kemandirian, dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model SOPRAN dan Permainan Kartu Pintar Muatan IPA Di SDN 1 Syamsudin Noor. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pebimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Kemandirian, Hasil Belajar, SOPRAN, Permainan Kartu Pintar

Mengoptimalkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa sehingga diharapkan hasil belajar siswa juga dapat meningkat. Namun kenyataan yang ditemukan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa belum optimal dikarenakan kurangnya pemahaman guru mengenai proses belajar student center dan keterlibatan siswa yang masih kurang dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa juga masih kurang dikarenakan belum adanya kemampuan siswa untuk bisa berpikir kritis dan perhatian terhadap mandiri dalam belajar. Sehingga hasil belajar siswa juga ikut rendah dikarenakan minat belajar yang kurang.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 1 Syamsudin Noor Banjarbaru semester II tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, kemandirian dan hasil belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu dan kelompok berupa lembar kerja peserta didik, lembar kerja kelompok, dan evaluasi dari aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, kemandirian, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “kurang aktif” menjadi “sangat aktif”. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “ cukup kritis” menjadi “sangat kritis”. Kemandirian belajar pada pertemuan 1 sampai 4  meningkat dari kriteria “ kurang mandiri” menjadi “sangat mandiri”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitf, dan psikomotorik siswa petemuan 1 sampai 4 yang terjadi peningkatan secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa muatan pembelajaran IPA menggunakan model SOPRAN (Project Based Learning, Kooperatif Tipe Think Pair Share, Team Games Tournament) dan Permainan Kartu Pintar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemandirian, dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif untuk guru, kepala sekolah, dan peneliti lain dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemandirian, dan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI