DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktifitas Kelompok Nelayan Peduli Lingkungan (KNPL) di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:SRI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-13


Sungai memiliki manfaat terhadap nelayan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disungai. proses pemanfaatan sungai tidak hanya dimanfaatkan oleh nelayan, tetapi dimanfaatan oleh masyarakat yang tinggal dekat dengan sungai, dengan menggunakan cara dan alat yang tidak ramah lingkungan seperi membom, menyetrum serta zat kimia berbahaya. Proses pemanfaatan yang dilakukan oleh masyarakat tersebut, berdampak kepada permasalahan sungai dan tidak optimalnya sumber daya alam. Permasalahan yang diakibatkan oleh perilaku masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut membawa pengaruh kepada pendapatan nelayan. Sehingga, masyarakat nelayan yang ada di Desa Anjir Serapat Muara 1 membentuk kelompok nelayan peduli lingkungan (KNPL) Lestari 1 untuk dapat meningkatkan kepedulian lingkungan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam disungai serta sebagai upaya meningkatkan pendapatan nelayan. Aktivitas (KNPL) Lestari 1 memiliki kesesuian dalam materi IPS di kelas VII sehingga aktivitas (KNPL) Lestari 1 dapat di implementasikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas kelompok nelayan peduli lingkungan (KNPL) Lestari 1 sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu KNPL Lestari 1,Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Kepala desa, Penyuluh perikanan, Guru IPS Anjir Muara, Dosen Pendidikan IPS dan Masyarakat di RT 03. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dengan uji keabsahan data yaitu uji kredibilitas, transferability, dan dependability.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas kelompok nelayan peduli lingkungan (KNPL) Lestari 1 antara lain yaitu 1). Sosialisasi-edukasi lingkungan 2) Gotong royong di RT 03. 3) Patroli sungai Kanoko. 4) Kerjasama KNPL dengan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) dan POKDARWIS 5) Pelatihan-pelatihan. 6) Rencana tindak lanjut berupa budidaya ikan air tawar. Melalui aktivitas kelompok nelayan peduli lingkungan (KNPL) Lestari 1 dapat dimplementasikan ke dalam sumber belajar IPS dalam materi pembelajaran kelas VII dengan tema manusia,tempat dan lingkungan 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI