DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN SAVI DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN TANGGUL REJO 1 BARITO KUALA
PENGARANG:NURLAILA RAHMADANIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-13


Rahmadaniyati, Nurlaila. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Muatan IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning dikombinasikan denganSAVI dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Tanggul Rejo 1Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, SAVI, Talking Stick

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep IPA, siswa kurang antusias untuk mengembangkan rasa ingin tahu dikarenakan kurang nya inovasi dalam pembelajaran seperti kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, siswa yang kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang masih kurang bersifat dua arah sehingga siswa masih kurang dalam keterampilan memecahkan suatu permasalahan, dan hasil belajar siswa masih rendah atau dibawah KKM. Hal ini berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah kelas IV SDN Tanggul Rejo 1 Barito Kuala. Melalui model Problem Based Learning dikombinasikan dengan SAVI dan Talking Stick serta menggunakan media Digital Smart Book merupakan solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV semester genap SDN Tanggul Rejo 1 tahun pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 10 orang. Pengumpulan data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 26, pertemuan II memperoleh skor 28, pertemuan III memperoleh skor 29, dan pertemuan IV memperoleh skor 33. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 60%, pertemuan II memeperoleh presentase 70%, pertemuan III memeperoleh presentase 90%, dan pertemuan IV memeperoleh presentase 100%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I memeperoleh presentase 100%, pertemuan II memeperoleh presentase 100%, pertemuan III memeperoleh presentase 90%, dan pertemuan IV memeperoleh presentase 100% secara klasikal.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning, SAVI, dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut: 1) kepada guru sebaiknya dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi; 2) kepada kepala sekolah sebaiknya dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran; dan 3) kepada peneliti lain sebaiknya hasil dari penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk membantu penelitian yang lebih lanjut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI