DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN KOLABORASI PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU DENGAN MODEL JSGM SERTA PERMAINAN ULAR NAGA DI KELAS V SDN KELAYAN SELATAN 8
PENGARANG:MASDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JGSM dan Permainan ular naga. Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Kelayan Selatan 8 berjumlah 20 orang. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ≥80. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan II aktivitas pendidik mendapatkan kriteria “Sangat Baik” di 2 pertemuan. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar aktif” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya aktif” pada pertemuan II. keterampilan kolaborasi peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar Terampil” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya Terampil” pada pertemuan II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 75% di pertemuan I meningkat menjadi 100% di pertemuan II. Disimpulkan bahwa dalam menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JSGM serta Permainan Ular Naga aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI