DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT, DAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN DALAM 7 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMI WARDIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Wardianti, Rahmi. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Muatan IPA dengan Menggunakan ModelProblem Based Learning, Team Games Tournament, dan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Team Games Tournament, eksperimen

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam muatan IPA. Hal tersebut disebabkan proses pembelajaran didalam kelas yang masih bersifat satu arah, siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep IPA secara mandiri, tidak ada kegiatan pembelajaran yang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa, rasa ingin tahu siswa yang masih rendah, pembelajaran monoton dan membosankan karena menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model Problem Based Learning, Team Games Tournament dan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanaktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok maupun individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis cros tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpertasi dengan persentase.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 29 hingga 36. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% hingga 100% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 47% hingga 93% dengan kriteria sangat terampil. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa aspek kognitif pertemuan 1 sampai 4 dari 54% hingga 96%, aspek afektif pertemuan 1 sampai 4 dari 46% hingga 89%, dan aspek psikomotorik dari pertemuan 1 sampai 4 dari 50% hingga 92%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Team Games Tournament dan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model Problem Based Learning, Team Games Tournament dan metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI