DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PATRIOT DI SDN BLURU 2
PENGARANG:JOHAR PUTRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Putriani, Johar. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Peserta didik Kelas IV Menggunakan Model Patriot Di SDN Bluru 2. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar, Model Patriot

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang terlatih untuk berinteraksi dan bekerjasama, proses pembelajaran berlangsung satu arah, Pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model patriot (Problem Based Learning, Group Investigation, Snowball Throwing) pada pembelajaran yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, meningkatkan aktivitas peserta didik, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik,dan hasil belajar peserta didik dalam pendidikan pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Bluru 2 yang berjumlah 18 orang peserta didik. Jenis data yang disajikan adalah data aktivitas pendidik dan peserta didik, yang didapat melalui observasi, angket serta hasil belajar peserta didik yang didapat melalui tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 85% siswa mencapai KKM nilai ≥ 70. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 sampai 4 memperoleh persentase dari 75% dengan kriteria “baik” menjadi 95% dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dengan persentase 55% dari kriteria “cukup aktif” menjadi 82% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar peserta didik untuk aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari persentase 68% dengan kriteria “cukup aktif” menjadi 100% dengan kriteria “sangat aktif”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Patriot dapat meningkatkan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, serta hasil belajar peserta didik. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI