DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MIND MAPPING PADA MUATAN IPA DI KELAS IV SDN BENUA ANYAR 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR HALIFAH RIZQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Permasalahan yang ditemui dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar pada muatan IPA di kelas IV SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin. Permasalahan tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan, pembelajaran cenderung bersifat satu arah atau teacher centered, dan pembelajaran tidak melibatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang berdampak pada hasil belajar yaitu 67% siswa belum mencapai KKM 70. Alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis peningkatan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada muatan IPA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin tahun 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif analisis yang dijabarkan dengan cross table. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Aktif”, keterampilan berpikir kritis dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Terampil” dan hasil belajar siswa tuntas jika mencapai nilai ≥70 (KKM 70) secara individu serta ketuntasan klasikal ≥80% dari jumlah siswa mencapai KKM 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat sebesar 92% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Aktif”. Keterampilan berpikir kritis meningkat sebesar 83% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Terampil”. Begitu pula hasil belajar kognitif siswa secara individual mencapai 92% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Tuntas”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternative dan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI