DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL BAKAYUH BAIMBAI KELAS IV SDN BERANGAS 1
PENGARANG:AWALIA RIZKY ANANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


 

 

Ananda, Awalia Rizky (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Menggunakan Model BAKAYUH BAIMBAI Kelas IV SDN Berangas 1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar dan Model BAKAYUH BAIMBAI.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada muatan matematika. Penyebabnya karena, kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran tidak berpusat pada siswa, sehingga siswa belum berpikir kritis dalam memecahkan masalah serta pembelajaran yang dianggap kurang menyenangkan. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model BAKAYUH BAIMBAI (Problem Based Learning, Student Teams Achievement Division dan Course Review Horay) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa muatan matematika materi keliling dan luas bangun datar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan di kelas IV SDN Berangas 1 yang berjumlah 18 orang siswa, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dijabarkan dalam bentuk tabel,  yang selanjutnya diinterpretasikan dengan persentase menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, keterampilanberpikir kritis, serta ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari persentase 44% menjadi 94% dan memperoleh kriteria “Hampir Seluruhnya Aktif”. Kemudian, keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 33% menjadi 94% dan memperoleh kriteria “Hampir Seluruhnya Terampil”. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 39% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model BAKAYUH BAIMBAI dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dengan penggunaan model BAKAYUH BAIMBAI dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa khususnya pada muatan Matematika.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI