DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL DANDELION PADA SISWA KELAS V SDN BERANGAS 1
PENGARANG:RAHIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Rahimah (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Matematis, dan Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model DANDELION Pada Kelas V SDN Berangas 1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Matematis, Hasil Belajar, Model DANDELION

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis matematis dan hasil belajar siswa. Penyebabnya karena kurangnya pemahaman konsep matematika saat memecahkan masalah, proses pembelajaran masih satu arah, pembelajaran kurang bermakna, sehingga siswa belum bisa berpikir kritis, kurangnya penggunaan media dan model yang variatif, sehingga membuat siswa jenuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis matematis dan hasil belajar siswa pada muatan matematika materi volume kubus dan balok dengan model DANDELION.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Berangas 1 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang dengan 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Analisis data dilakukan secara kualitatif, melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis matematis, dan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 sudah terlaksana sesuai langkah-langkah model pembelajaran dari skor 27 menjadi skor 35. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari persentase 47% menjadi 93% dan memperoleh kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis matematis siswa pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari persentase 33% menjadi 93% dan memperoleh kriteria sangat terampil Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 40% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam penggunaan model DANDELION dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis matematis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis matematis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI