DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GRUP INVESTIGASI, MAKE A MATCH PADA KELAS IV UPTD SDN 1 KAIT-KAIT KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:AYU ISPI RAMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


ABSTRAK 

Ramadani, Ayu Ispi. 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Luas Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Problem Based learning, Grup Investigasi, Make A Match Pada Kelas IV UPTD SDN 1 Kait-Kait Kabupaten Tanah Laut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd

Kata Kunci : Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Problem Based learning, Grup Investigasi, Make A Match

Permasalaan dalam penelitian ini siswa mengalami kesulitan pada mata pelajaran matematika banyak di antara mereka hasil belajarnya di bawah KKM, siswa hanya memperhatikan guru menulis, proses pembelajaran masi berfokus kepada guru sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Hal tersebut menggakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karenai itu, upaya yang dilakukan untuk meninggkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran mrngggunakan model Problem Based learning, Grup Investigasi, Make A Match. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa pada materi luas bangun datar di kelas IV di  UPTD SDN 1 Kait-Kait.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilasakanakan dengan dua siksus, Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV di  UPTD SDN 1 Kait-Kait Kabupaten Tanah Laut pada kelas IV jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2022/2023. Jenis data pada penelitian ini yaitu kualitatif yang didapat dari hasil observasi guru, observasi siswa. Dan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang didapatkan dari tes tertulis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan pertama mencapai kriteria "Baik", pertemuan kedua mencapai kriteria "Sangat Baik", dan pertemuan ketiga mencapai kriteria "Sangat Baik. Aktivitas peserta didik pertemuan pertama mencapai kriteria "Cukup Aktif", pertemuan kedua mencapai kriteria "Aktif", dan pertemuan ketiga mencapai kriteria "Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan pertama belum tuntas, pertemuan kedua belum tuntas, pertemuan ketiga telah mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Problem Based learning, Grup Investigasi, Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar peserta didik kelas IV di  UPTD SDN 1 Kait-Kait Kabupaten Tanah Laut. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu memilih model pembelajaran dalam upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Grup Investigasi dan Make A Match guna menunjang aktivitas belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa khususnya materi Luas Bangun Datar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI