DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn TEMA 7 MATERI KEBERAGAMAN INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION, DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 5 BANJARMASIN
PENGARANG:YASMIN PITIYANOVA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


ABSTRAK

Pitiyanova, Yasmin. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 7 Materi Keberagaman Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Timur 5 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci : Hasil Belajar, PPKn, Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, Talking Stick.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kelayan Timur 5 Banjarmasin pada muatan PPKn. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran yang kurang memicu keterampilan siswa dalam berpikir kritis, pembelajaran hanya berpusat pada guru dan buku tema, serta kurangnya motivasi dan minat belajar siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN Kelayan Timur 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilakukan pada muatan PPKn Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis data yang diperoleh yaitu aktivitas guru, aktvitas siswa, dan hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, dan Talking Stick pada pertemuan III menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 98 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 100% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif dan afektif memperoleh ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model tersebut dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan motivasi, interaksi, dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI