DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA TAMAN KANAK-KANAK (Studi Multi Situs TK Islam Terpadu Ukhuwah dan TK Islam Baitul Makmur di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:LINDA HAIRATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


ABSTRAK

Hairati, Linda. 2023. Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Taman Kanak Kanak (Studi Multi Situs TK Islam Terpadu Ukhuwah dan TK Islam Baaitul Makmur di Kota Banjarmasin). Tesis Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyu, MS, dan (2) Dr. Sakerani, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Implementasi pendidikan karakter religius, TK Islam Terpadu Ukhuwah, TK Islam Baitul Makmur. 

Menanamkan pendidikan karakter religius anak usia dini merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua di rumah maupun pendidik di sekolah. Kebersamaan dalam menanamkan karakter religius sejak dini harus dilaksanakan melalui kerjasama di kedua belah pihak agar penanaman nilai karakter religius yang sudah dibiasakan di TK juga dapat dilakukan di rumah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan  pendidikan karakter religius baik dari strategi guru, keterlibatan peran orang tua, maupun faktor pendukung dan penghambat.

Metode penelitian Tentang Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Taman Kanak Kanak TK Islam Terpadu Ukhuwah dan TK Islam Baitul Makmur ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode mengamati, menganalisa dan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Pelaksanaan penelitian ini peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumen untuk mengetahui cara menyusun, melaksanakan, evaluasi dan dampak dari pendidikan Karakter religius.

Hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa: 1) Strategi guru dalam implementasi pembelajaran pendidikan karakter religius di TK Islam Terpadu Ukhuwah dan TK Islam Baitul Makmur Banjarmasin dimulai dari melakukan perencanaan pengelolaan kelas, pemberian contoh secara langsung, praktek kepada peserta didik, motivasi yang diberikan kepada peserta didik, koordinasi antara guru dan orang tua melalui buku penghubung, merencanakan pengelolaan kelas dan metode pembelajaran 2) Keterlibatan peran orang tua yang dilakukan bersama sama antara sekolah dan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius dilakukan melalui pengulangan karakter religius yang sudah diajarkan di sekolah, orang tua melakukan koordinasi dengan guru melalui buku penghubung, whatsapp dan bertemu langsung, orang tua memberikan contoh langsung kepada anak 3) Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter religius di kedua sekolah tersebut adalah motivasi guru dan dukungan orang tua untuk saling bersinergi, keterlibatan semua anggota keluarga. Faktor penghambatnya penggunaan gadget dan tontonan anak saat di rumah, pertemanan di lingkungan.

Saran sekolah bisa memperkuat lagi strategi yang sudah dilaksanakan dengan rutin pertemuan kepada orang tua terkait implementsi pembelajaran karakter religius, melakukan kontroling serta evaluasi dari strategi yang dilaksanakan di sekolah dengan melibatkan orang tua.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI