DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TWO STAY TWO STRAY, DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUMBER ALASKA KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:MUHAMMAD ZARKASI NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


ABSTRAK

 

Noor, Muhammad Zarkasi. 2023. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Problem Based Learning, Two Stay Two Stray, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 1 Sumber Alaska Kabupaten Kapuas. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Ibu Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd

Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Two Stay Two Stray, Talking Stick.

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik dan kurang bermakna bagi siswa dan siswa pasif pada saat pembelajaran. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning, Two Stay Two Stray, Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, menganalisi motivasi belajar siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN 1 Sumber Alaska Kapuas tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, angket untuk motivasi belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif dan yang digambarkan dalam bentuk tabel dan penafsiran data dalam bentuk persentase dan kategori. Indikator keberhasilan penelitian dengan aktivitas guru mencapai skor 23-28 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai skor pada rentang 23-28 dengan kriteria ”Sangat Aktif” mencapai ≥82%, motivasi belajar siswa mencapai skor pada rentang 62-80 dengan kriteria “Sangat Termotivasi” mencapai 82% dan ketuntasan belajar yaitu 82% siswa mencapai KKM nilai ≥ 70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 18 dengan kategori baik meningkat pada pertemuan IV mendapat skor 27 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I dengan persentase sebesar 50% meningkat pada pertemuan IV sebesar 90% dalam kategori hampir seluruh siswa aktif. Motivasi belajar siswa dalam belajar secara klasikal pertemuan I mencapai persentase sebesar 50% meningkat pada pertemuan IV sebesar 90% dalam kategori hampir seluruh siswa sangat termotivasi. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I sebesar 20% meningkat pada pertemuan IV sebesar 95%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Two Stay Two Stray, dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas, Motivasi, dan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPS. Disarankan penggunaan model tersebut menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajarsiswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI