DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MATERI USAHA EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, GI DAN TGT PADA KELAS V DI SDN KUIN UTARA 6 BANJARMASIN
PENGARANG:DINA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


ABSTRAK

Amelia, Dina (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Materi Usaha Ekonomi  Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Group Investigation dan Teams Games Tournament Pada Kelas V Di SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyanie Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Group Investigation dan Team Games Tournament.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Yang disebabkan siswa kurang memahami pembelajaran yang membuat siswa sulit mengingat materi yang disampaikan, kebanyakan siswa tidak memikili motivasi dan kurangnya semangat siswa saat mengikuti proses pembelajaran, siswa malu untuk mengungkapkan pendapat di depan kelas. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Group Investigation dan Teams Games Tournament.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Setting penelitian di lakukan di SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 19 siswa yang terdiri 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki- laki tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa yang di peroleh dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 57, pertemuan 2 memperoleh skor 64, pertemuan 3 memperoleh skor 71 dan pertemuan 4 meningkat memperoleh skor 92. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 47%, pertemuan 2 memperoleh persentase 63%, pertemuan 3 memperoleh persentase 74% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 89%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 58%, pertemuan 2 memperoleh persentase 63%, pertemuan 3 memperoleh persentase 84% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Group Investigation dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Group Investigatio dan Teams Games Tournament dalam menciptakn kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI