DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING, COURSE REVIEW HORAY DAN PENDEKATAN TPACK PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 8
PENGARANG:DEWI NORMAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan proses sains, siswa kurang bekerja sama, keterampilan berpikir kritis siswa kurang berkembang, siswa kurang memahami materi, dan pembelajaran belum mengintegrasikan teknologi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi Model Problem Based Learning, Mind Mapping, Course Review Horay Dan Pendekatan TPACK pada Muatan IPA dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar, dan analisis data yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan di kelas V SDN Kelayan Timur 8 tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa dengan indikator keberhasilan aktivitas guru mendapatkan skor minimal 26, aktivitas siswa mendapatkan skor minimal 20 dan minimal 76% siswa berada pada kategori aktif dan sangat aktif , keterampilan berpikir kritis mendapatkan skor minimal 10 dan minimal 76% siswa berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi, serta hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik mendapat skor minimal 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 22 meningkat menjadi 32 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa memperoleh persentase 52% meningkat menjadi 100% dengan kriteria Sangat Aktif. Keterampilan berpikir kritis memperoleh persentase 52% meningkat menjadi 100% dengan kriteria Sangat Tinggi. Ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif memperoleh persentase 61% meningkat menjadi 96%, pada aspek afektif memperoleh persentase 56% meningkat menjadi 83%, pada aspek psikomotorik memperoleh persentase 30% meningkat menjadi 87%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kombinasi Model Problem Based Learning, Mind Mapping, Course Review Horay dan Pendekatan TPACK dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dengan penggunaan Kombinasi Model Problem Based Learning, Mind Mapping, Course Review Horay dan Pendekatan TPACK tersebut dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI