DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL FLASHBACK DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:CHUSNUL ISLAMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


Islamiah, Chusnul. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Flashback dan Media Audio Visual di kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs.Sulaiman, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Jigsaw, Numbered Head Together.

 

Permasalahan yang dialami pada mata Pelajaran IPA kelas IV di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan pembelajaran yang hanya satu arah, siswa masih belum terlibat dalam proses pembelajaran, yang akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar pada Materi Gaya Dan Gerak Menggunakan Model Flashback dan Media Audio Visual di kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin.

Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan dengan langkah yang berbeda disetiap pertemuan. Setting penelitian di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin dengan jumlah siswa 24 orang. Data diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa menggunakan cara observasi pada setiap pertemuan dan hasil belajar menggunakan tes yang dilaksanakan pada pertemuan ke-4. Indikator keberhasilan aktivitas siswa yaitu 76% dengan kriteria hampir seluruhnya aktif, aktivitas guru adalah 30 dengan kriteria Sangat Baik, dan hasil belajar siswa adalah 80% dari jumlah siswa mendapat nilai minimal ≥75.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dari pertemuan I - IV menunjukkan (1) Aktivitas guru mencapai skor 34 dengan kategori Sangat baik. (2) Aktivitas siswa mencapai persentase 96%. (3) Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 96%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Flashback dan Media Audio Visual di kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin meningkat Maka disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain pada hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan serta alternatif untuk menggunakan Model Pembelajaran Flashback untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI