DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL BAUNTUNG DAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 5
PENGARANG:MUHAMMAD HENDRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


ABSTRAK

 

Hendra. 2023.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema 8 Menggunakan Model  BAUNTUNG dan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 5. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph. D

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, BAUNTUNG.

 

Pembelajaran diharapkan berpusat pada siswa, penekanan pada setiap kegiatan menemukan, menyenangkan, memberdayakan semua indra dan potensi yang dimiliki oleh siswa, dengan menggunakan banyak metode dan media. Namun pada kenyataannya pembelajaran masih bersifat satu arah, kurang menarik, menyenangkan, serta kurang bermakna bagi siswa, di mana pembelajaran yang dilaksanakan masih terpaku pada materi dan bahan ajar yang ada di buku tanpa adanya penggunaan media atau model pembelajaran. Upaya mengatasi hal tersebut dengan cara model BAUNTUNG. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN  Kelayan Timur 5 dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 27 dan 28 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 3 dan 4 dengan skor 36 dan 36 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Sebagian Kecil Aktif” pada pertemuan 2 mencapai kriteria “Sebagian Besar Aktif” dan pada pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria “Hampir Seluruhnya Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 pada aspek kognitif mencapai 60%, afektif 68% dan psikomotor 60% pertemuan 2 pada aspek kognitif 80%, afektif 80% dan psikomotor 84%. Pada Pertemuan 3 pada aspek kognitif mencapai 100%, afektif 100% dan psikomotor 100% dan pada pertemuan 4 aspek kognitif 100%, afektif 100% dan psikomotorik 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran BAUNTUNG dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Tema 8 Kelas V SDN Kelayan Timur 5. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI