DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PRISMA SISWA KELAS IV SDN BENTOK KAMPUNG TANAH LAUT
PENGARANG:MELLY WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


ABSTRAK

 

Wati,Melly.2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Model PRISMA Siswa Kelas IV SDN Bentok Kampung Tanah Laut. Skripsi Program S1 StudiPendidikanGuruSekolahDasar.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasLambungMangkurat.DosenPembimbingHerti Prastitasari,M.Pd.

KataKunci:Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model PRISMA

  Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SDN Bentok Kampung. Penyebab dari rendahnya aktivitas siswa di kelas karena pembelajaran yang dilaksanakan hanya satu arah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak terbiasa mengerjakan soal yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran kurang menarik, tidak menggunakan model pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisisaktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajarsiswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakandalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Bentok Kampung, yang berjumlah 19 orang siswa, pada semester II tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatifdiperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa,danketerampilan berpikir kritis siswa. Sedangkandatakuantitatifmelaluipersentaseklasikalaktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes kelompok dan individu. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel, dan grafik.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasgurupadapertemuan1memperoleh skor 29 meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 43. Aktivitassiswapada   pertemuan1mencapai53%meningkatpada pertemuan 4 menjadi 100%.Keterampilan berpikir kritis siswa pertemuan1mencapai 53% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar pada aspek kognitif pada pertemuan 1 mencapai 47% meningkatpadapertemuan4mencapai100%, pada aspek psikomotorik pada pertemuan 1 mencapai 53% meningkat pada pertemuan 4 mencapai 100%,pada aspek afektif pada pertemuan 1mencapai 47% meningkat pada pertemuan 4mencapai100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PRISMAdapatterlaksanadansiswadapatmengikutisesuaidenganprosespembelajaran sehingga meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajarmatematika siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar meningkatkan mutu pendidikan, dan kualitas pembelajaran di sekolah dan dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI