DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN PPKn MELALUI KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT DAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS MEDIA INTERAKTIF DI SDN MELAYU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:MAYSIRA FATIYA NASUTION
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


Nasution, Maysira Fatiya. 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan PPKn Melalui Kombinasi Model Problem Based Learning, Team Games Tournament, dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif di SDN Melayu 6 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci :

Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Team Games Tournament, TPACK, Media Interaktif

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, belum adanya penerapan model yang fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa, serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Team Games Tournament (TGT),dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

          Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Melayu 6 Banjarmasin ajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa 18 orang. Data yang digunakan berbentuk kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui presentase klasikal aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 24  meningkat menjadi 32 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa secara klasikal mencapai 39%  pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 94% pada pertemuan 4. Keterampilan berpikir kritis siswa secara klasikal pada pertemuan 1 mencapai 39% meningkat menjadi 89% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 44% pada pertemuan 1 meningkat menjadi 94% pada pertemuan 4.

          Berdasarkan hasil penelitan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Team Games Tournament (TGT),dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain yaitu agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI