DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SISWA KELAS 4 SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN BARAT MENGGUNAKAN MODEL PANTING
PENGARANG:RISMA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


Permasalahan penelitian adalah siswa pasif dalam proses pembelajaran, 

pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, dan siswa belum terampil 

memecahkan masalah dalam pembelajaran IPA siswa kelas 4 SDN Teluk Tiram 2

Banjarmasin Barat. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang 

mampu melibatkan keaktifan siswa. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas 

siswa yaitu melalui penggunaan model pembelajaran PANTING (Problem solving 

bAsed on studeNT Intellectuals aNd Games). Tujuan dari penelitian ini adalah 

untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dalam 4 kali 

pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Teluk Tiram 2 

Banjarmasin Barat yang berjumlah 20 orang siswa pada semester genap tahun 

ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. 

Pengambilan data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan 

aktivitas siswa. Sedangkan data kuantitatif melalui persentase klasikal aktivitas 

siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes secara kelompok dan 

individu. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel, dan grafik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari skor 

24 dengan kriteria “Sangat Baik” menjadi skor 28 dengan kriteria “Sangat Baik”. 

Aktivitas siswa meningkat dari 50% dengan kriteria “Cukup Aktif” menjadi 100%

dengan kriteria “Sangat Aktif”. Sehingga berdampak pada hasil belajar aspek 

kognitif dari 70% dengan kriteria “Sangat Aktif” meningkat menjadi 90% dengan 

kriteria “Sangat Aktif”.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PANTING dapat 

meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun 

saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat 

dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat 

menjadi alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada 

peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI