DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V DI UPTD SDN 1 KAIT-KAIT KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:NOR LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


Latifah, Nor. 2023.  Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V Di UPTD SDN 1 Kait-Kait Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Penyajian Data, Problem Based Learning (PBL)

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika materi penyajian data. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, belum adanya pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi penyajian data.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian dilakukan di UPTD SDN 1 Kait-Kait Kabupaten Tanah Laut pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 18 orang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada pelajaran matematika materi penyajian data. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh total skor 17 dengan kriteria “sangat baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh total skor 19 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 66,67% dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 94,44% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif pada siklus I mencapai 61,11%, psikomotorik pada siklus I mencapai 66,67%,  dan meningkat pada siklus II mencapai 100% secara klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penyajian data. Dan disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menggunakan model pembelajaran dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI