DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, THINK PAIR SHARE DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:TRY SUCI SEPTIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-15


Septiana, Try Suci. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Materi Statistika dengan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horay pada Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie M.Si.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning, Think Pair Share, Course Review Horay

Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin pada siswa kelas V adalah rendahnya hasil belajar pada pembelajaran Matematika materi Statistika dan memberikan dampak kepada siswa berupa siswa kurang dapat berfikir kritis dalam mengatasi suatu masalah yang diberikan, masih pasif dalam pembelajaran,  siswa mudah bosan dan kurang bisa dalam bekerja dalam kelompok, siswa kurang bisa menyampaikan pendapat, beberapa siswa tidak memahami materi pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horay.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 18 orang. Penelitian dilakukan pada pembelajaran Matematika materi Statistika. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan  Course Review Horay maka aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 64 menjadi 97 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 57 menjadi 84 dengan kategori “Sangat Aktif”. Begitu juga dengan hasil belajar baik ranah kognitif terjadi peningkatan mencapai 94%, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik terjadi peningkatan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan  Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Statistika. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model tersebut dalam menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi, interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI