DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Perubahan Wujud Zat untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
PENGARANG:LAILA FARIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Farida, Laila. 2023.Pengembangan Modul IPABerbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Perubahan Wujud ZatUntuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Suryajaya, S.Si., M.Sc. Tech, (II) Dr. Suydino, M.Pd.

 

Keterampilan proses sains sangat mendasari setiap aktivitas untuk menemukan konsep-konsep IPA. Namun, keterampilan proses sains peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Hulu Sungai Utara masih dalam kategori kurang. Oleh karena itu, tujuanpenelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi perubahan wujud zat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian endidikan dengan model Tessmer, dimulai tahap self evaluation, expert reviews (5 orang), one to one (3 orang), small group (8 orang) kemudian field test (30 orang).Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi, observasi, respon peserta didik, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Modul pembelajaran IPA yang dikembangkan termasuk sangat valid ditinjau dari hasil validasi pada aspek kelayakan isi dengan nilai sebesar 90,33 kriteria sangat valid, aspek penyajian dengan nilai sebesar 90,80 kriteria sangat valid, aspek kelayakan bahasa dengan nilai sebesar 88,44 kriteria sangat valid, dan media dengan nilai sebesar 92,00 kriteria sangat valid; (2) Modul pembelajaran IPA termasuk praktis ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas guru pada small group dengan nilai sebesar 86,25 kriteria sangat baik dan field test dengan nilai sebesar 91,35 kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik pada small group dengan nilai sebesar 85,25 kriteria sangat baik dan field test dengan nilai sebesar 87,50 kriteria sangat baik, dan respon peserta didik pada small group dengan nilai sebesar 85,96 kriteria sangat baik dan field test dengan nilai sebesar 89,00 kriteria sangat baik; dan (3) Modul pembelajaran IPA termasuk efektif ditinjau dari n-gain keterampilan proses sains pada small group dengan nilai sebesar 0,73 kriteria tinggi dan field test dengan nilai sebesar 0,71 kriteria tinggi dan hasil belajar peserta didik pada small group dengan nilai sebesar 0,75 kriteria tinggi dan field test dengan nilai sebesar 0,71 kriteria tinggi.

 

Kata kunci: Keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing, modul

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI