DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PICTURE AND PICTURE, DAN STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 3 LANDASAN ULIN BARAT BANJARBARU
PENGARANG:ZIRA SHAFIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara pada muatan Bahasa Indonesia di SDN 3 Landasan Ulin Barat. Hal ini disebabkan pada pengetahuan dan pengalaman peserta didik dalam keterampilan masih kurang terlihat dalam pembelajaran, karena dalam bahasa Indonesia lebih banyak difokuskan menyimak, membaca, dan menulisnya. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal pada keterampilan berbicara. Oleh sebab itu, perlu diadakan perbaikan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Storytelling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, serta menganalisis peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan pendekatan kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas pendidik, aktivitas guru, dan hasil belajar keterampilan berbicara, sedangkan pendekatan kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang didapatkan melalui tes tertulis secara kelompok maupun individu. Penelitian dilakukan sebanyak 4 pertemuan pada peserta didik kelas 4 SDN 3 Landasan Ulin Barat yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstabel. Indikator keberhasilan Aktivitas peserta didik skor 22-38 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan persentase 100% kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dengan presentase klasikal 90% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan presentase klasikal 95% Kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kombinasi Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Storytelling mampu meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran bahasa Indonesia serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI