DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Tahun 2022
PENGARANG:SITI ADELIA KHAIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


ABSTRAK

 

Siti Adelia Khairah, 19104132200007, 2023. Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Tahun 2022. Dibimbing oleh Pathurrahman.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, dengan menggunakan model implementasi Charles O. Jones yang terdiri dari organisasi, interpretasi dan aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan belum sepenuhnya optimal. Berdasarkan aspek organisasi atau pengorganisasian, Struktur organisasi pelaksana, kesesuaian pekerjaan yang dilakukan serta tugas pokok dan fungsi telah dilakukan dengan baik, serta sumber daya manusia dalam organisasi merupakan para pelaksana yang ahli dibidangnya. Namun untuk perlengkapan dan alat kerja tidak ada diberikan kepada Tenaga Fasilitator Lapangan. Sehubungan dengan interpretasi, komunikasi antar pelaksana dan masyarakat telah dilakukan dengan baik yakni adanya sosialisasi tentang program terhadap penerima bantuan. Program telah dilaksanakan oleh para pelaksana sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 07 Tahun 2018, akan tetapi terdapat Patronase Politik pada calon penerima bantuan. Pada aspek aplikasi atau penerapan, prosedur kerja dan kejelasan Standar Operasional Prosedur (SOP) merujuk kepada Permen Nomor 07 Tahun 2018, program kerja pada program bantuan ini jelas setiap tahapnya dan adanya pelaporan pada setiap progres pelaksanaan dilapangan. Namun pada jadwal kegiatan terdapat kerancuan informasi terkait kapan dana bantuan turun kepada masyarakat penerima bantuan.

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Implementasi, BSPS, Masyarakat Berpenghasilan Rendah

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI