DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK, WARNA DAN UKURAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, EXPLICIT INSTRUCTION, DAN MEDIA PAPAN KANCING PINTAR DI KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MONALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk, warna dan ukuran yang masih belum berkembang sesuai harapan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang menarik, kurangnya kegiatan  mengembangkan kemampuan mengenal bentuk, warna dan ukuran serta pembelajaran bersifat abstrak. Upaya untuk mengembangkan kemampuan mengenal bentuk, warna dan ukuran melalui kombinasi model problem based learning,explicit instruction, dan media papan kancing pintar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil capaian perkembangan kognitif anak mengenal bentuk, warna dan ukuran.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada ajaran 2022/2023 dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin dengan jumlah anak 12 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan lembar hasil capaian perkembangan beserta rubrik penilaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pertemuan mengalami peningkatan. Aktvitas guru pertemuan I dengan kriteria baik, pertemuan II dengan kriteria baik, pertemuan III dengan kriteria sangat baik dan pertemuan IV dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak dengan kriteria kurang pada pertemuan I, pertemuan II dengan kriteria cukup, pertemuan III dengan kriteria aktif, dan pertemuan IV dengan kriteria sangat aktif. Pada ketuntasan klasikal hasil perkembangan kognitif anak pada Pertemuan I mencapai 41,7% pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 75%, dan meningkat lagi pada pertemuan IV mencapai 91,7% dengan kriteria berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa mengunakan model Problem Based Learning, Explicit Instruction, dan media papan kancing pintar aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas anak terlaksana aktif dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk, warna dan ukuran. Saran bagi guru adalah menjadikan model Problem Based Learning, Explicit Instruction, dan media papan kancing pintar ini sebagai referensi dan berinovasi dalam upaya meningkatkan perkembangan aspek kognitif dalam mengenal bentuk, warna dan ukuran. Bagi kepala sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan atau materi untuk membina guru-guru tentang model dan media yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain, dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI