DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Pendekatan Pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada Pelajaran IPA terhadap Minat Belajar Siswa
PENGARANG:ANNISA RAHMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Minat belajar siswa merupakan sebab dari motivasinya yang tinggi terhadap pembelajaran. Guru merupakan profesi yang dilatih untuk menumbuhkan minat tersebut melalui pelajaran yang dirancangnya. Pentingnya kompetensi yang dimiliki oleh guru akan menciptakan ruang belajar yang efektif bagi siswa. Salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki oleh guru adalah kemampuan mengajar yang berbasis Pedagogical Content Knowledge. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan pedagogical content knowledge pada pelajaran IPA terhadap minat belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek uji coba penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas VIII Girls SMP Global Islamic Boarding School. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa data angket yang diberikan kepada siswa memperoleh persentase rata-rata jawaban secara keseluruhan sebesar 72,7% artinya sudah sebagian besra siswa mempunyai minat belajar pada pembelajaran IPA yang dibawakan oleh guru dengan pendekatan pembelajaran pedagogical content knowledge (PCK). Dengan demikian pendekatan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge sudah membuat hampir seluruh siswa kelas VIII SMP Global Islamic Boarding School memiliki minat untuk belajar IPA.

 

Kata kunci:   Pedagogical Content Knowledge (PCK), minat belajar siswa, pelajaran IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI