DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL PANDA PADA KELAS IVA SDN MELAYU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:DYAH KEN PRAMESWARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Prameswari, Dyah Ken (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan PPKn Menggunakan Model PANDA Pada Kelas IVA SDN Melayu 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model PANDA.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa muatan PPKn. Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, tidak adanya kegiatan pembelajaran yang menuntun berpikir kritis siswa dan pembelajaran tidak bermakna bagi siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PANDA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Melayu 6 Banjarmasin pada semester II tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa dengan jumlah 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi pada aktivitas guru, aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kemudian secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 23 meningkat pada pertemuan IV memperoleh skor 35. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I memperoleh 44% meningkat pada pertemuan IV menjadi 94%. Keterampilan berpikir kritis siswa secara klasikal pada pertemuan I memperoleh 31% meningkat pada pertemuan IV menjadi 88% Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 31% meningkat pada pertemuan IV menjadi 94%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PANDA dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa muatan PPKn. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa muatan PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI