DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GASING PADA KELAS V SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:YULIANI SYAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Permasalahan pada penelitian ini terletak pada rendahnya aktivitas, hasil belajar siswa. Hal tersebutdisebabkan proses pembelajaran yang masih menerapkan pembelajaran teacher centered, siswa kesulitan memahami materi PPKn dan siswa masih beradaptasi dengan pembelajaran tatap muka akibat dari efek pandemi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran GASING dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali  pertemuan. Dikelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melaluiobservasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulissecarakelompokdan individu.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22dengan kriteria cukup baik menjadi 33 dengan kritea sangat baik. Observasi aktivitas siswa padapertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 50% dengan kriteria cukup baik menjadi 100%dengankriteriasangatbaik.Observasi aktivitashasilbelajarsiswapadapertemuan1sampai4secara klasikal meningkat dari 25% dengan kriteria kurang aktifmenjadi 100%. Hasil belajar danminat belajar afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkatdari50%menjadi 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaanmodel pembelajaranGASING muatan PPKN siswa kelas V SD Negeri Pangeran 2 pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dapat terlaksana dengan sangat baik dan sangat aktif  pada setiap pertemuannya  sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan penelitian lain adalah agar penelitian lain adalah agar penelitian ini dijadikan referensi dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya muatan PPKN di sekolah dasar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI