DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI GASTRONOMI SASTRA DALAM KUMPULAN PUISI RAHASIA DAPUR BAHAGIA KARYA HASTA INDRIYANA
PENGARANG:M. Ridha Riswandi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


ABSTRAK

 

 

Riswandi, M Ridha. 2023. Representasi Gastronomi Sastra Dalam Kumpulan Puisi RahasiaDapurBahagiaKaryaHastaIndriyanaTesis.ProgramStudiMagisterPendidikanBahasa dan Sastra Indonesia,Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat,Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Rusma Noortyani., M.Pd; Pembimbing (II) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.

KataKunci:Gastronomisastra,Etnogastrokritik,Ganzheitgastrokritik,Puisi.

Penelitian ini mengkajirepresentasigastronomi sastra dalam kumpulan puisi “RahasiaDapur Bahagia karya Hasta Indriyana, penelitian ini menarik karena baru sedikit yang menelititentang gastronomi sastra di Indonesia. Gastronomi Sastra adalah kursus interdisipliner yangmenggabungkantopikkulinerdansastra.Penelitianinibertujuan:1.Mendeskripsikanrepresentasigastronomisastrasecaraetnogastrokritikdalamkumpulanpuisi“RahasiaDapur Bahagia karya Hasta Indriyana.2.Mendeskripsikanrepresentasigastronomisecaraganzheitgastrokritikdalamkumpulanpuisi“RahasiaDapur Bahagia karya Hasta Indriyana.

Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetode deskriptif kualitatifdengan  menggunakan pendekatan etnogastrokritik dan ganzheitgastrokritik. Sumber data dalam penelitin ini yaitu buku kumpulan puisi “Rahasia Dapur Bahagia” karya Hasta Indriyana.  Adapun data dalam penelitian ini yaitu berupa kata dan kalimat dalam kumpulan puisi “Rahasia Dapur Bahagia” karya Hasta Indriyana Penelitian ini menggunakan teknikpengumpulan data sebagai berikut: a) melakukan pembacaan puisi dari awal hingga akhir secaraberulang-ulangsehinggadapatmengetahuimengenaiperistiwaapayangdiungkapkanolehpengarang dalam kumpulan puisi,b)memberitandapadahalamanpuisidengancara               menggarisbawahidanmembericatatan-catatanmenggunakankertasyangditempeluntukmendapatkan data yang sesuai dengan rumusan masalah penelitian, c) mengklasifikasikan datayaknimembuatkategori-kategori sesuaidengandatayangsudahdiseleksi.

Pada hasil penelitian, representasi  gastronomi sastra secara etnogastrokritik  dalam kumpulan puisi “Rahasia Dapur Bahagia” karya Hasta Indriyana menunjukkan: a) Secara etnogastrokritik kuliner merupakan sebuah tradisi dari kebudayaan suatu daerah. Kuliner yang di tampilkan dalam puisi  sebagai sebuah tradisi kebudayaan meliputi;  kuliner khas Jawa Tengah,   kuliner khas  Sunda, Kuliner khas Papua, Kuliner khas Palembang, kuliner khas Makassar, kuliner khas Kalimatan Timur, b) Secara ganzheitgastrokritik kuliner merupakan bagian dari ekspresi sastra. Kuliner yang di tampilkan dalam puisi   sebagai bagian dari ekspresi sastra meliputi:   kuliner sebagai ekspresi dari sejarah, kuliner sebagai ekspresi pengingat masa lalu, kuliner sebagai ekspresi dari seni.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI