DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kompetensi Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan Dalam Pembangunan Desa Prayon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser
PENGARANG:DIAN NOVITA SARI WIDYASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-17


ABSTRAK

 

Dian Novita Sari Widyastuti, 1910413220003, Kompetensi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa Prayon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser, dibawah bimbingan Bapak Gazali Rahman.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi kepemimpinan kepala desa perempuan dalam pembangunan Desa Prayon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  data primer dan data sekunder dengan beberapa informan yang terlibat seperti Kepala Desa Prayon, Tokoh masyarakat Desa Prayon, aparatur desa, ketua RT dan masyarakat Desa Prayon. Penelitian ini menggunakan teori kompetensi yang dikemukakan oleh Hutapea dan Thoha (2008:28) yang terdiri dari kompetensi pengetahuan (knowledge), kompetensi keterampilan (Skill), dan kompetensi sikap (Attitude).

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Kompetensi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa Prayon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser dapat dikatakan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari pengetahuan yang dimiliki oleh kepala desa pada tugasnya sebagai pemimpin dan memahami tupoksi dari organisasi pemerintahan. Kemudian dari kompetensi keterampilan sudah cukup baik, terbukti dari kemampuan kepala desa dalam pengelolaan pembangunan desa. Terdapat beberapa pembangunan dalam masa jabatan beliau seperti jembatan, jelan, akses internet, majid, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis masyarakat (PAMSIMAS).Untuk kompetensi sikap juga sudah baik. Kepala desa memiliki semangat kerja yang tinggi sehingga dapat dicontoh oleh aparat yang lain, bertanggung jawab, jujur dalam bekerja dan mampu bekerja sama dengan bawahan dan masyarakat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi Kepala Desa Prayon di Kecamatan Muara Komam dalam pembangunan desa, berdasarkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sudah mencapai tingkat yang memadai

 

Kata Kunci : Kompetensi, Keterampilan, Kemampuan, Sikap, Semangat Kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI