DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENERUSKAN SEBAGIAN CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE, TALKING STICK DAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 31 BANJARMASIN
PENGARANG:SRY RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-17


Rahmah, Sry. 2023. “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Meneruskan Sebagian Cerita Dengan Menggunakan Model Picture and Picture, Talking Stick dan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 31 Banjarmasin”

Pembimbing : Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd

 

Kata Kunci:Meneruskan Sebagian Cerita Dengan Menggunakan Model Picture and Picture, Talking Stick dan Metode Bercerita.

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya kemampuan bahasa seperti anak kurang mampu mengemukakan pendapat dalam meneruskan sebagaian cerita. Penyebabnya ini dikarenakan kurangnya media bahan pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk ditampilkan, kurangnya inovasi model dan metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya stimulus yang diberikan guru kepada anak dalam kegiatan pembelajaran, anak menjadi kurang mampu dalam mengungkapkan ide dalam meneruskan sebagian cerita yang telah didengarkan.

Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 31 Banjarmasin pada anak kelompok B yang berjumlah 16 orang anak, terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru mencapai ≥ 34 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh skor100% sangat aktif, dan hasil perkembangan bahasa 16 orang anak ,memperoleh skor (3) kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara klasikal mencapai skor 94% anak berhasil berkembang .

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Picture and Picture, Talking Stick dan Metode Bercerita dapat mengembangkan kemampuan Bahasa pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 31 Banajarmasin. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referesnsi dan bahan pertimbangan dalam meneruskan sebagain cerita yang telah didengarkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI