DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA 7 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, SAVI, MAKE A MATCH KELAS IV SDN BELITUNG UTARA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:FEBRY AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-17


Agustina, Febry (2023). Meningkatkan Aktivitas ,Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Tema 7 Menggunakan Kombinasi Model PBL, SAVI, Make a Match  Kelas IV SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Amberansyah M.Pd.

Kata Kunci: PBL, SAVI, Make a Match, Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar,keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan siswa yang belum mampu berperan aktif dalam pembelajaran IPA yakni siswa cenderung diam saja, pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan membosankan, pembelajaran berpusat pada guru, kurangnya berpikir kritis anak disebabkan siswa masih belum bisa mengumpulkan infrormasi terkait pemecahan masalah dan mengungkapkan pendapatnya  dan rendahnya hasil belajar IPA siswa karena pembelajaran membuat siswa pasif.Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan kombinasi model PBL, SAVI, Make a Match dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa belajar siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV SDN Belitung Utara 3 Kota Banjarmasin yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis.Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, gambar dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV dan mencapai standar yang diharapkan sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada pertemuan IV, faktor aktivitas guru telah mencapai 92% dengan kriteria “Sangat Baik, aktivitas siswa telah mencapai 85% dengan kriteria “Sangat Aktif, keterampilan berpikir kritis siswa telah mencapai persentase 80% dengan kriteria “Sangat Terampil, dan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 85%.

Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa kombinasi model PBL, SAVI, Make a Matchberhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Menyarankan dalam penggunaan kombinasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas,berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI