DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MUATAN PPKN TENTANG KERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN SEPAKAT BERSAMA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:AZKIA QUTHRUNNADA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


Quthrunnada, Azkia. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Muatan PPKn tentang Keragaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Team Games Tournament (TGT) di SDN Sepakat Bersama Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Numbered Heads Together, dan Team Games Tournament.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih bersifat satu arah, kurangnya partisipasi dan peran aktif siswa, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa muatan PPKn tentang Keragaman Karakteristik Individu pada siswa kelas 4 SDN Sepakat Bersama Kabupaten Barito Kuala.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Sepakat Bersama Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 9 orang siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan, pada semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru dengan presentase 97% kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dengan presentase klasikal 89% kriteria “Hampir Seluruh Siswa Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan presentase klasikal 100% tuntas.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn tentang Keragaman Karakteristik Individu di kelas 4 SDN Sepakat Bersama Kabupaten Barito Kuala. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn tentang Keragaman Karakteristik Individu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI