DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS 4 SDN ALALAK UTARA 2 BANJARMASIN
PENGARANG:KAMSIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


Kamsiah 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament pada Siswa Kelas 4 SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Muhmuddin, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament

Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi infirmasi komunikasi dan kolaborasi. Akan tetapi permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di Sekolah Dasar belum sesuai dengan harapan. Siswa belum mampu untuk berpikir kritis, berinteraksi dan bekerjasama dengan baik pada tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.  Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin yang berjumlah 26 orang.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data Kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel grafik dan interprestasi dengan persentase.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru dari 25 menjadi 34 dengan kriteria sangat aktif. Obervasi aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari 42%  menjadi 85% dengan kriteria sangat aktif. hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat dari 31% menjadi 85% (klasikal). Hasil belajar siswa dari 31% menjadi 85%. Berdasarkan penelitian ini maka model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament. Dapat meningkat aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament. Dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penelitian ini untuk kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar peneliti ini dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI